Sabtu, 16 Agustus 2014

KKN minggu ketiga (16 agustus 2014) “Pelatihan Kreatifitas Siswa”

Assalamualaikum wr. wb.
Karya Pribadi
postingan kali ini akan melaporkan tentang kegiatan kami pada hari sabtu tanggal 16 Agustus 2014. biar gak kebanyakan basa - basi yok kita baca laporanya.

Hari / Tgl : Sabu / 16 Agustus 2014.
Anggota yang hadir : Putriane, Stenny, Yuli, Khusnul, Luthfi, Feri, Zizah dan Andi.
Kegiatan yang dilakukan :
  1. Datang pukul 07.00 wib ke SDN Lemah Putro 1. Langsung menuju ruang Sumber, dimana ruangan ini memang difungsikan khusus untuk anak ABK. Di ruangan ini terdapat banyak alat peraga, alat refreshing dan sarana pembantu pembelajaran.

  2. Setelah seluruh anak ABK kelas 5 A dan B berkumpul di ruang Sumber, ada sekitar 6 orang murid, mereka kami berikan sebuah tontonan edukasi. Sebuah film animasi berjudul Profesor Ula, dimana dengan tokoh burung hantu lucu sebagai profesor yang cerdas, film ini mengajarkan kepada anak-anak tentang ilmu pengetahuan alam dan hal-hal kecil yang terjadi di sekitar kita. Seluruh murid sangat antusias, walaupun hanya melihat film tersebut dari media laptop berlayar kurang dari 16inch dan sound dari speaker seadanya. Tapi tak mengurangi semangat dan minat mereka menambah pengetahuan dari si burung hantu lucu. Menonton film ini sampai pukul 07.50 wib, dengan dipandu oleh Bunda Andi.

  3. Selanjutnya Bunda Andi memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar film yang tadi sudah ditonton, dan murid-murid berebutan untuk menjawab. Bagi yang jawabannya benar akan mendapat hadiah berupa gantungan kunci dari flanel yang unyu-unyu ;p Dan salah satu murid yang jawabannnya benar adalah Izhar, mendapatkan hadiah gantungan kunci berbentuk eskrim. Dia tampak sangat senang luar biasa.

  4. Tepat pukul 08.00 wib kegiatan selanjutnya adalah prakarya. Kali ini kami memberikan ketrampilan flanel kepada murid ABK. Mereka duduk melingkar didampingi oleh anggota team Genova. Setelah itu saya (Putri) membagikan peralatan berupa kain flanel berbagai warna dan bentuk, bolpoin, gunting dan alas flanel berwarna ungu sebagai media tempelnya. Dengan didampingi teman-teman Genova, murid-murid ABK asyik membuat pola di kain flanel, menggunting, membuat hiasan dan lain sebagainya. Kakak pendamping selain membantu juga mengawasi dengan hati-hati agar tidak ada murid yang terluka ketika menggunakan gunting. Dan syukurlah semua berjalan lancar dan menyenangkan. Saya standby dengan lem tembak di tempat terpisah, bertugas sebagai seksi lem karena selain lengket, lem tembak ini panas dan cukup berbahaya bagi murid-murid karena ada sambungan listriknya. Prakarya ini membuat gantungan kunci atau tempelan kulkas bermagnet. Terserah murid-murid memilih mana, dan mayoritas mereka memilih membuat tempelan kulkas. Saya dan teman-teman tidak menyangka, ternyata hasil karya para murid sangat kreatif dan indah, mengagumkan. Ada beberapa murid bahkan membuat kalung berbandul huruf nama mereka yang keren sekali.

  5. Tak terasa sudah pukul setengah sepuluh dan waktunya istirahat. Sebelum istirahat, kami semua berfoto bersama murid-murid dengan membawa hasil karya masing-masing untuk dipamerkan di blog Genova. Semoga ketika murid-murid itu membawa pulang hasil karya mereka, keluarga mereka dirumah bangga dan kagum bahwa anak mereka walau terbatas tapi bisa membuat prakarya yang luar biasa ini.

  6. Pukul 10.00 wib, setelah istirahat, kami melanjutkan kegiatan dengan mengadakan lomba Joget Cesar. Dimana para murid berdiri berjejer dan kami memainkan musik ‘Buka Sitik Jos’ ala Cesar. Para murid tak malu-malu langsung berjoget dengan semangat dan sangat lucu untuk disaksikan. Kami mengabadikannya dengan video dan foto. Tiba-tiba lagu sengaja kami matikan, dan peraturannya adalah jika lagu mati, maka gerakan joget dalam posisi apapun juga harus berhenti. Maka dengan posisi lucu dan aneh-aneh, para murid berdiri mematung dengan wajah geli menahan senyum. Kami juga selaku panitia ikut tertawa renyah melihat tingkah lucu adek-adek ini. Musik pun kami mainkan kembali dan begitu seterusnya sampai jika ada yang bergerak ketika musik dimatikan, dia harus keluar dari permainan dan dianggap kalah. Akhirnya satu orang berhasil ditetapkan sebagai pemenang, yaitu adik tampan bernama Lukman. Dia mendapat hadiah berupa gantungan kunci dari flanel berbentuk gitar.

  7. Pukul 10.30 wib kegiatan kami akhiri karena murid-murid harus kembali ke kelas masing-masing untuk bersiap-siap pulang pada pukul 11.00 wib.

Sepertinya cukup sekian laporan saya, semoga kegiatan Genova ke depannya semakin meriah, semakin disenangi murid-murid dan dapat berjalan lancar. Semoga untuk setiap kegiatan utama seperti di hari sabtu ini, semua anggota Genova dapat hadir agar dapat merasakan kegembiraan berbaur bersama adik-adik lucu nan menggemaskan ini. Bahwa KKN bukan sekedar menjalankan proker, rapat atau mengerjakan laporan, tapi KKN ialah mendapatkan pengalaman yang tidak akan pernah kami temukan kalau kami tidak KKN seperti ini. Sebuah pengalaman yang menyenangkan seperti ini. Salam Genova.
laporan tersebut di tulis oleh : Putriane Vallentia selaku koordinator

hmmm.. makin hari makin akrab ajah nie genover dengan siswa inklusi di SDN Lemah Putro 1. semoga KKNnya lancar sampai akhir ya. Amin.

waduh hampir lupa nie untuk sesi dokumentasinya.. tp tenang kami gak lupa kok. ni dia dokumentasi dari kegiatan kami.


Wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Posting Komentar