Sabtu, 16 Agustus 2014

Pembuatan Software Inklusi Bag 1.

Assalamualaikum Wr.Wb.


Postingan kali ini sekaligus laporan pertama dari Program Kerja Utama KKN di SDN Lemah Putro 1 yaitu pembuatan Software Inklusi untuk anak ABK di SDN Lemah Putro 1.Sebelum membahas tentang berbagai persoalan yang dihadapi, kami akan sedikit membahas tentang apa itu software dan apa itu software inklusi.

Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan.


Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. 



Nah, Pengertian dari Software Inklusi itu sendiri adalah Software yang dikhususkan untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Sehingga, Software ini lebih diperuntukkan untuk anak ABK dalam proses pembelajaran. Software untuk anak inklusi dapat dikemas dalam bentuk Game Edukasi. Sebab berbagai persoalan yang ada maka alternatif yang dapat digunakan adalah Game Edukasi tersebut.


Setelah membahas tentang apa itu Software dan apa itu Software Inklusi, kami akan melanjutkan membahas tentang persoalan yang ada saat bersama siswa ABK.

Banyak berbagai persoalan yang ada ketika kami melakukan beberapa kegiatan untuk menunjang pembuatan software. Dari beberapa kegiatan yang kami buat, kami menyimpulkan bahwa pola pembelajaran bermain sambil belajar lebih efektif untuk siswa ABK. Mereka cukup antusias dengan kegiatan yang kami buat selama kurang lebih 1 bulan ini. (untuk kegiatan bisa dilihat dilaporan kegiatan kami sebelum postingan ini).

demikian postingan kami untuk saat ini. Agenda kami di tanggal 17 Agustus 2014 Besok adalah pencarian bahan untuk menunjang pembuatan Software Inklusi ini yang kami kemas dalam bentuk Game Edukasi untuk siswa ABK.

0 komentar:

Posting Komentar